Senin, 24 Maret 2008

Sepintas Ttg Buku "Treasure of Genghis Khan"

Saat ini aku lagi konsen tuk menuntaskan buku ini. Tepatnya, baru semalam ku memulainya dan itu pun baru menyelesaikan 100 halaman pertama dari total 611.

Buku yang dikarang oleh bapak dan anak, yakni Clive Cussler & Dirk Cussler. Sang bapak sendiri, Clive Cussler, memang telah memiliki nama besar sebagai pengarang buku-buku yg sangat kental dengan aroma adventure-nya. Ratusan juta copi bukunya telah diterbitkan oleh lebih dari 100 negara, lebih dari 40 macam bahasa. Ia adalah legenda hidup buku fiksi yang kini menetap di Arizona.

Sementara sang anak, Dirk Cussler, MBA lulusan Berkeley, bermula memiliki karir cemerlang di dunia finansial, kini mendedikasikan segenap hidupnya untuk buku-buku fiksi, mengikuti jejak sang ayah, sang legenda hidup.

Mengikuti alur cerita buku ini, sangat terasa di setiap bab, di setiap paragrafnya, bagaimana sepasang pengarang ini menguraikan bahasannya dengan begitu begitu detil. Misalkan sedang menceritakan tentang Shang-tu, sebuah istana musim panas sang kaisar China yg dibangun tahun 1260. Tentang istana yg juga memiliki nama lain sebagai Ta-an Ko alias "Paviliun Harmoni Agung", sang pengarang akan bercerita mulai dari lokasi, nama daerahnya, bagaimana kondisi wilayah itu secara umum, tanamannya, temboknya, jalan setapaknya, model bangunannya, bahan yg digunakan, bagaimana lingkungan istana pada waktu itu, arsitektur, kegunaannya, kapan sang kaisar tinggal disitu, hingga lingkungan sosial budaya masyarakat disekitar istana pada waktu itu.

Hebatnya, alur bahasa yang digunakan membuat penjelasan yang begitu detil tetap nikmat dinikmati dan jauh dari rasa yang membosankan. Kupikir, beginilah sebuah buku, mungkin lebih tepat kusebut sebagai "sebuah penceritaan", seharusnya dibuat dan disuguhkan kepada pembacanya. Terlepas dari itu semua, peran seorang penterjemahpun sangat berperan dalam haln ini. Khusus untuk buku ini, aku berikan 2 jempol untuk Dastan Books sebagai pernerbit yg telah memilih seorang penterjemah yg tepat dgn kualitas sangat memadai.

Tidak ada komentar: