Sabtu, 19 April 2008

Pameran Besar Komik Indonesia di TMII

Siang tadi, aku lg asik bercengkerama di Cafe Open Space Megablitz XXI Mega Mall Bekasi bersama keluarga, di temani segelas Capucinno dan French Fries panas dan pedas, HP mendadak melantunkan lagu "Keakuanku", salah satu tembang kesukaanku dr Iwan Fals.

"SMS dr siapa nih?" tanya batinku sembari mengambil HP yg tergeletak di meja.

Jam menunjukkan pukul 14:27.

"Datang yah, tgl 20 ini jam 10 pagi di Istana Anak TMII. Undangan ada di saya. Pada HUT TMII ke 33 diadakan Pameran Besar Komik Indonesia 19-27 April"

Nama "Andy Wijaya" tampil sebagai nama pengirimnya. Bagi para penikmat komik indonesia, pasti tahu nama ini. Ia bersama rekan-rekan dekatnya, mas Iwan Gunawan, Surjorimba S. dkk. lainnya telah menjadi motor-motor penggerak bagi bangkitnya kembali komik Indonesia yang telah lama terpuruk, tertidur pingsan berpuluh-tahun lamanya, melalui Komik Indonesia dot com-nya.

Melalui komik-indonesia.com mereka meremaster komik-komik lawas Indonesia pernah populer pada masanya. Godam Mata Sinar X karya Wid NS, komik Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes, komik Gina (Reborn) karya Gerdi WK, komik Labah-labah Merah karya Kus Br . dan lain-lainnya yg kini beredar kembali dlm format yg lebih modern merupakan bukti dari kiprah mereka baik secara langsung maupun tidak.

Euforia orang-orang thd komik Indonesia, dan berkat jaringan yg semakin luas luas, kini telah lahir orang-orang nekat yg bermodalkan kecintaan thd komik bangsa sendiri, mereka berani dan mau mempertaruhkan dana, waktu dan tenaga mereka demi bangkitnya kembali komik bangsa dewe ini. Lahirlah kerjasama-kerjasama para pecinta itu yang menamakan kelompok mereka sebagai: Kelompok Penggemar Komik Godam, Kelompok Penggemar Komik Gina. Sungguh luar biasa.

Di luar kelompok2 itu, tampil pula Neoparadigm yg baru saja merelease komik "Aquanus - Benua ke Tujuh" yg banyak menuai pujian, baik tuk gambar, cerita, pewarnaan maupun tampilan dari komik tsb. Dalam waktu dekat, komik "Godam - Jodoh Buat Awang" pun akan beredar melanjutkan komik sebelumnya "Godam - Reborn". Sungguh mengasikan bisa menikmati ini semua.

Gebrakan kebangkitan ini tak hanya bergema di dalam negeri, sobat Erwin Prima Arya, seorang ahli remaster, kini tengah berkolaborasi dengan rekan kerjanya di Singapura tuk meremaster dan mentranslatekan komik Si Buta dari Gua Hantu yg berjudul "Banjir Darah di Pantai Sanur" go internasional. Sungguh luar biasa bukan?

Tidak ada komentar: